Berbagi Ilmu

Senin, 25 Maret 2013

vespa pake velk jari-jari ring 14 inci

| Senin, 25 Maret 2013
vespa pake velk jari-jari ring 14 inci


ManiakMotor - Sengaja judulnya modif dan tips. Yes, modifikasi yang bisa diikuti dan ada langkah-langkahnya dalam tulisan yang bisa sampeyan tiru. Itulah keahlian portal ini.

Vespa PX150 lansiran 1997 terlihat biasa. Tapi sudah lima teromol yang dikorbankan agar ’kaki-kaki’-nya seperti di foto itu. Jangan bayangkan roda 14 inci dari Yamaha Mio tinggal pasang macam variasi bolt on. Trial and error alias eksperimennya butuh dana dan waktu, bro.

Tetap nyaman ala Vespa buatan Eropa untuk dipakai harian lewat ujicoba yang panjang. “Paling repot menyesuaikan teromol, lantaran jadi sumbu jari-jari dan pengereman,” kata Jonny, skuteris si pemilik dan pemodifikasi sekaligus mekanik Saesa Motor di Jln. Tentara Pelajar, Banjarnegara, Jateng.

Jonny yang bukan penyanyi ada Iskandar itu, tidak pelit ilmu trik mengganti teromol belakang R10 jadi R8. Harga teromol Rp 120 ribu dan kampas Rp 35 ribu. Nah ini urusan tukang bubut untuk dibulatkan dan dibikin adaptor untuk dikawinkan dengan teromol Mio.

Teromol depan asli Vespa, hanya bikin jari-jariBiar kuat diikat dengan baut ukuran 12, panjang 7 cm dan jumlahnya 6 biji. “Teromol matik dibagian tengah dibikin lubang sesuai as roda Vespa,” terang Jonny. Iya, pak, kalau tidak ada lubang di situ mana bisa dipasang peleknya? Becanda bro...

Setelah itu, minta tolong ahli setel untuk pasang jari-jari model kipas. Jangan lupa bilang sekalian disetting biar center sisi kanan-kirinya. Kalau tidak, badan sampeyang jadi miring ke kanan mengimbangi Vespanya lari ke kiri terus.

Untuk kaki depan lebih simpel. Tutup mata juga bisa, paling buka mata hanya menuju tukang bubut. Di tukang bubut ini hanya teromol asli Vespa dibikin lubang jari-jari jumlah 36. Beres! ”Biar lebih gaya, pakai pelek yang lagi gaul,” tutup Jonny seraya bilang proyek ke depan pasang cakram depan-belakang.

Pasti punya sampeyan tidak akan menghabiskan lima teromol, lantaran telah baca modif dan tips ini. Paling hanya dua. Hihi.. Ardel


Data Modifikasi : Ban depan : IRC, 70/90-14 Ban belakang : IRC, 80/90-14 Pelek depan-belakang : TDR, 1.85 X 14 Lampu depan : Vespa PX 1980 Spion : Vespa PX 1980 Knalpot : BRC racing Modifikator : Saesa Motor

Sumber Referensi : maniakmotor.com

Related Posts