Berbagi Ilmu

Rabu, 06 April 2016

Ramadhan Muhammadiyah dan Lebaran Bisa Sama Di Tahun 2016 ini

| Rabu, 06 April 2016
 Bulan Ramadhan di tahun 2016 ini bangsa indonesia semoga menjadi bulan yang penuh berkah dan ampunan dan kita bisa menjalankan ibadah puasa dengan lancar dan lebih baik dari tahun sebalumnya, dan menjadikan orang yang bertqwa sebenarbenarnya taqwa kepada Allah SWT Aamiin,
Kebersamaan menjalankan ibadah secara bersama-sama, bakal terwujud kembali di 2016. Soalnya, dalam perhitungan kalender Muhammadiyah yang sudah terbit, tidak akan ada perbedaan dalam penentuan awal Ramadhan, Idul Fitri (awal Syawal), dan Idul Adha (awal Zulhijjah).
Ketiga bulan dengan ibadah terbesar umat Islam itu, yakni puasa, Idul Fitri, dan Idul Adha, perhitungan hisabnya sama dengan syarat yang dianut pemerintah dengan imkanul rukyahnya. Mmbar, Firdaus A.N kepada Singgalang, Minggu (8/11).
Ia mengatakan, Muhammadiyah menganut metode hisab wujudul hilal. Bila awal bulan sudah di atas nol positif, maka sudah dihitung sebagai bulan baru. (hendri nova)etode ini, mengakui awal bulan Islam kalau sudah di atas dua derajat.
“Di 2016, awal Ramadhan, Syawal, dan Zulhijjah posisi hilal di atas dua derajat. Jadi tak ada alasan pemerintah beda dengan Muhammadiyah di 2016,’ kata anggota hisab Majelis Tarjid dan Tajdid Muhammdiyah 

Related Posts