TUGAS KELOMPOK PEMBUATAN VIRTUAL CLASS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUKABUMI

TUGAS KELOMPOK PEMBUATAN VIRTUAL CLASS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUKABUMI



DISUSUN OLEH KELOMPOK 3
1.YOGI MARDILAH
2.ISRAJ ALWAN HALIRI
3.ZAENAL MUSTAFA
4.MUHAMAD RIZAL SEPTIANTO
5.TEGUH EKA KURNIAWAN

Jl. R. Syamsudin, SH. No 50 Kota Sukabumi. Jawa Barat Indonesia Kode Pos 43113 ,Telp (0226)218345 ,Fax (0266)218342 Email info@ummi.ac.id ,Website http://www.ummi.ac.id

1.PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah

Teknologi informasi saat ini berpengaruh dalam segala bidang, tidak terkecuali pada bidang pendidikan. Kebutuhan peningkatan sumber daya manusia di Indonesia menjadi semakin penting, sementara sistem pendidikan yang ada saat ini dinilai terlalu berorientasi pada tenaga pengajar, waktu, dan tempat, sehingga perlu adanya sistem pendidikan yang memberi kebebasan lebih bagi peserta didik untuk melepaskan keterkaitan terhadap waktu, tempat, dan ketersediaan tenaga pengajar.
Proses pembelajaran yang berlangsung di sebagian besar lembaga dan institusi pendidikan saat ini merupakan proses pembelajaran secara langsung, dimana antara pengajar (teacher) sebagai pihak yang memberikan bahan ajar, dan siswa (student) sebagai pihak yang menerima bahan ajar harus berhubungan secara langsung atau tatap muka. Proses pembelajaran akan berlangsung jika kedua pihak bertemu secara langsung dalam waktu dan tempat yang sama.
Pemanfaatan teknologi e-learning, dalam hal ini v-class pada dunia pendidikan akan merubah paradigma pembelajaran yang semula berorientasi pada pengajar (teacher learning oriented) menjadi berorientasi pada siswa (student learning oriented). Pada sistem pembelajaran yang berorientasi pada pengajar (teacher learning oriented), pengajar mempunyai peran yang dominan dan siswa hanya menerima apa yang diajarkan. Sedangkan pada sistem pembelajaran berorientasi pada siswa (student learning oriented) ditekankan proses belajar mandiri, dimana siswa mempunyai peran yang dominan dalam proses pembelajaran, sedangkan pengajar menjadi salah satu pendukung utama sistem pembelajaran tersebut. Siswa dapat secara aktif belajar menggunakan berbagai macam fasilitas dan sumber informasi yang tersedia, sedangkan pengajar bertugas untuk menyampaikan, mengarahkan, dan memantau perkembangan siswa.

1.2 Batasan Masalah
Berdasarkan masalah diatas maka ruang lingkup penelitian dibatasi pada:
Aplikasi yang digunakan dalam pembuatan V-class ini adalah aplikasi berbasis web (web-base application). Pembuatan V-class ini dilakukan sebatas pada pemberian materi dan soal latihan mata pelajaran Teknolologi Informasi dan Komunikasi pada jenjang Sekolah Menengah Atas. Pada pembuatan V-class ini penulis menggunakan bahasa pemrograman web PHP dan MySQL sebagai database-nya.

1.3 Tujuan Penulisan
Pembuatan V-class ini dibangun untuk menghasilkan alternatif sebuah sistem pembelajaran yang lebih atraktif, mudah, dan fleksibel melalui pemanfaatan teknologi komputer dan internet yang dapat diterapakan dalam proses belajar mengajar serta bertujuan untuk memudahkan siswa dalam kegiatan belajar mengajar sekalipun mereka tidak hadir di dalam kelas. Sistem ini didukung dengan fasilitas manajemen kuis atau ujian, manajemen berita, manajemen nilai, forum diskusi dan chatting dan media lainya.

1.4 Metode Penelitian
Berbagai data yang digunakan dalam penulisan ini diperoleh dari berbagai sumber, diantaranya:
Studi Lapangan Meliputi berbagai kegiatan percobaan dan pengamatan yang dilakukan selama proses pembuatan V-class berlangsung. Berbagai pihak yang dilibatkan dalam proses pembuatan ini antara lain pengajar dan beberapa siswa.
Studi Pustaka Dilakukan dengan mencari bahan dasar sebagai acuan teori dan mencari bahan dari berbagai buku dan beberapa referensi yang berhubungan dengan permasalahan yang akan dibahas oleh penulis.

2. SISTEMATIKA PENULISAN
2.1 PEMBAHASAN MASALAH
Membuat virtual class/class online yang sederhana untuk suatu sistem pembelajar efektif maksimal dan mudah diakses.

2.2 LANDASAN TEORI
B. Tahap 1: Penentuan Entities
1. mahasiswa: menyimpan semua informasi pribadi mengenai semua mahasiswa
2. dosen: menyimpan semua informasi pribadi mengenai semua dosen
3. mata_kuliah: menyimpan semua informasi mengenai semua mata kuliah yang ditawarkan
4. class: menyimpan semua informasi mengenai ruang kelas mata kuliah yang digunakan


C. Tahap 2: Penentuan Attributes
1. mahasiswa:
• nim: nomor induk mahasiswa (integer) PK
• nama_mhs: nama lengkap mahasiswa (string)
• alamat_mhs: alamat lengkap mahasiswa (string)
2. dosen:
• nip: nomor induk pegawai (integer) PK
• nama_dosen: nama lengkap dosen (string)
• alamat_dosen: alamat lengkap dosen (string)
3. mata_kuliah:
• kode_mk: kode untuk mata kuliah (integer) PK
• nama_mk: nama lengkap mata kuliah (string)
• deskripsi_mk: deskripsi singkat mengenai mata kuliah (string)
4. ruang:
• kode_ruang: kode untuk ruang kelas (string) PK • lokasi_ruang: deskripsi singkat mengenai lokasi ruang kelas (string) • kapasitas_ruang: banyaknya mahasiswa yang dapat ditampung (integer)

D. Hubungan:

3.PENUTUP
Puji syukur kepada tuhan yang maha esa(ALLAH SWT) atas rahmat dan berkat nya kami selaku tim / kelompok 5 dapat menyelesaikan permasalahan pembuatan virtual class ,dalam rangka membatu para pelajar untuk mendapatkan materi yang maksimal dalam setiap materi nya,oleh dan sebab itu kami berusaha menyempurnakan apa yang telah dikerjakan ,namun setiap kesalah hamper tidak mungkin untuk di hindari oleh kita selaku manusia oleh karena itu untuk membantu kami menyempurnakan [ekerjaan kami alangkah baiknya kami untuk mendapatkan kritik dan saran dari anda semua yang dapat kirimkan ke email kerjakansekarang@gmail.com besar harapan kami agar apa yang telah di kerjakan ini bermanfaat untuk semua orang khusunya para pelajar.
Lebih baru Lebih lama