Berbagi Ilmu

Senin, 29 April 2013

"Harga BBM Naik 2013 Harga akan Mulai Naik Harga BBM Rp6.500/Liter"

| Senin, 29 April 2013

"Makin  BBM Naik 2013 Harga akan Mulai Naik BBM Rp6.500/Liter"
JAKARTA - Anggaran negara saat ini terus mengalami tekanan, lantaran harus menanggung beban subsidi energi yang kebanyakan digelontorkan untuk subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM).



Pengamat ekonomi Komite Ekonomi Nasional (KEN) Nina Septi Triaswati menilai, semakin cepat harga BBM dinaikkan maka akan semakin besar penghematan subsidi yang akan diterima. Besar penghematan juga tergantung dari berapa jumlah kenaikan yang akan ditetapkan.

Dia mengatakan, saat ini diperkirakan ada 10,5 juta mobil pribadi dan 170 ribu unit mobil dinas. Jika kebijakan dua harga diterapkan, maka pelat hitam dan pelat merah akan mengonsumsi BBM dengan harga normal.

"Jika harga Rp9.500 diterapkan mulai awal Mei, maka akan menghemat subsidi sebesar Rp50 triliun sampai akhir tahun, jika dilakukan secara efektif. Tapi kalau pelaksanaannya tidak efektif, akan menghemat sekitar Rp30 triliun sepanjang 2013," katanya saat dihubungi Okezone di Jakarta, Minggu (28/4/13).

Menurutnya jika harga hanya naik Rp6.500 per liter, maka penghematan yang terjadi hanya sebesar Rp2 triliun per bulan, dan jika diterapkan mulai awal Mei maka hanya akan menghemat Rp16 triliun hingga akhir tahun.

"Pertanyaannya, kapan mulai diberlakukan kenaikan ini? Kalau pemerintah mau, penghematan yang full harus segera diterapkan," tukas dia. (mrt)

Related Posts